KESEHATAN

Kenapa Wajah Bisa Ditumbuhi Jerawat?

Banyak orang mengira bahwa memecahkan jerawat atau mengelurkan isinya bisa membuat jerawat cepat menghilang dan sembuh, namun hal ini salah besar.
Memencet atau memecahkan jerawat justru bisa membuat bakteri yang ada pada jerawat masuk lebih dalam ke pori-pori. Akan menyebabkan jerawat makin meradang, makin memerah dan membengkak. Ini disebabkan oleh sistem imun tubuh kita mendeteksi adanya bakteri yang terperangkap dan mengeluarkan cairan kimia bernama cytokines untuk melawannya. Umumnya hal ini akan menyisakan bekas luka yang mendalam dan sulit hilang.
Mungkin selama ini kita melihat bahwa jerawat bisa tumbuh dalam semalam, karena saat kita bangun tidur tiba-tiba ada jerawat baru yang muncul di wajah kita, padahal tidak ada pada malam harinya. Namun proses munculnya jerawat ini tidak hanya dalam semalam, melainkan berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Setidaknya ada empat proses rumit yang membuat jerawat muncul, yakni
Sel kulit mati yang menyumbat pori,Kelebihan minyak dan sebum. Tumbuhnya bakteri berlebih di bagian pori yang tersumbat.Peradangan yang timbul karena bakteri
Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, munculnya jerawat disebabkan oleh beberapa faktor dan melalui proses yang panjang. Jadi, kulit yang kotor bukan penyebab utama munculnya jerawat. Selain adanya bakteri, jerawat juga sering dipicu oleh ketidakseimbangan hormon, khususnya pada perempuan yang akan atau sedang memasuki masa menstruasi. Untuk itu mencuci muka berkali-kali tidak akan menjamin wajah kita bebas jerawat atau jerawat jadi menghilang. Kita cukup mencuci wajah dua kali saja, pada pagi dan malam hari sebelum tidur.(**)

 

 

To Top
error: Content is protected !!