Tips Mengelola Keuangan Awal 2017

Lakukan Ini Saat Awal Tahun agar Keuangan Lebih Baik di 2017Foto: Thinkstock
Jakarta – Banyak orang menginginkan kondisi keuangan yang lebih baik sebagai resolusi awal tahun. Sayangnya hal tersebut tak mudah disukseskan, apalagi jika Anda cenderung boros dalam pengeluaran. Menurut penasehat keuangan Canna Campbell, perbaikan finansial perlu dilakukan sesaat setelah pergantian tahun. Yakni dengan membuat budgeting atau perencanaan keuangan agar ke depannya lebih irit.

“Lihat pengeluaranmu dan cari kemana sebenarnya uangmu pergi. Di kepala kita, kita sering mencari apa yang sebenarnya kita beli. Kamu mungkin berpikir telah menghabiskan $100 untuk beli bahan makanan tapi kenyataannya bisa mendekati $150. Setelah tahu kemana perginya uang, kamu bisa mendapat gambaran jelas,” kata Canna kepada Dailymail.

Saat mengerti keadaan keuangan yang sebenarnya kemudian buatlah rencana. Jika menemukan banyaknya pemborosan, coba tetapkan tekad untuk lebih hemat. Bisa dengan memotong anggaran yang kurang penting. Misalnya rutinitas ke salon dua kali seminggu jadi satu kali seminggu atau bahkan tidak sama sekali namun menggantinya dengan perawatan di rumah.

Canna kemudian menyarankan untuk menerapkan sistem amplop. Yakni DENGAN memisahkan uang berdasarkan kebutuhan kemudian simpan dalam sebuah amplop. Anda bisa menerapakannya pada berbagai anggaran, mulai dari kebutuhan rumah tangga hingga salon.

“Sebut saja kamu mau ke salon akhir bulan dan itu akan berbiaya $150 kemudian mulailah masukkan dananya ke amplop dan bayar salon dengan uang itu. Ketika kita secara fisik bertukar uang, kita akan sadar itu berjumlah banyak dan melihat jumlah uang berkurang,” ungkap Canna.

Menurutnya, penting pula untuk selalu up to date dengan jumlah uang dalam rekening Anda. Untuk itu, pantaulah melalui mobile banking sehingga Anda bisa menyesuaikan pengeluaran jika tabungan sudah MULAI menipis. Berikut adalah tips dari Canna selengkapnya:

1. Buat budgeting, kurangi pengeluaran kurang penting dan buat rekening khusus agar sebagian uang bisa otomatis ditabungkan.
2. Bayar dengan uang dan pakai sistem amplop yang sebelumnya dijelaskan.
3. Selalu tahu jumlah uang di rekening. Periksa setiap dua hari sekali.
4. Jika bisa belanja bahan makan secara online sehingga Anda bisa benar-benar melihat berapa uang yang akan dikeluarkan.
5. Pentingkan menabung di awal bulan dengan langsung mengirimnya ke akun tabungan setelah gajian.
6. Bawa bekal makanan ke kantor.
7. Riset transportasi termurah agar lebih hemat.
8. Belajar untuk mengatakan tidak pada diskon atau ajakan menghabiskan pengeluaran yang kurang penting.
9. Sesekali ‘traktir’ diri sendiri dengan sesuatu yang Anda suka

To Top
error: Content is protected !!