Ini sikap MPR RI Soal Demo 212

Pimpinan MPR RI mengeluarkan imbauan dan pernyataan sikap terkait doa bersama yang akan digelar sejumlah ormas Islam pada esok Jumat (2/12).

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dalam konferensi pers di Kompleks Parlemen, Kamis, melalui keterangan tertulis MPR menjelaskan, bahwa yang pertama, kegiatan itu adalah aksi menyatakan pendapat yang merupakan hak konstitusional setiap warga negara dan dilindungi konstitusi.

Kedua, lanjutnya, kegiatan itu diharapkan menjadi momentum pembuktian kepada seluruh umat Islam, masyarakat Indonesia dan masyarakat internasional bahwa muslim Tanah Air sangat moderat dan rahmatan lil alamin.

Ketiga, MPR menilai kegiatan tersebut murni untuk menuntut keadilan atas kasus penistaan agama, bukan kebencian terhadap perbedaan suku, ras, apalagi agama.

Keempat, MPR memberikan apresiasi tinggi terhadap kinerja Polri yang sangat cepat dan profesional serta transparan dalam penanganan kasus yang saat ini sudah sampai kepada kejaksaan.

Kelima, MPR mengapresiasi pertemuan silaturahmi antara MUI, panitia aksi, dan aparat keamanan sehingga bersepakat aksi damai memang dilakukan secara damai, menjaga persatuan dan kesatuan umat.

Dan yang keenam, MPR berharap semua pihak baik panitia aksi, peserta aksi, dan aparat keamanan menjaga komitmen kesepatakan bersama agar aksi damai berlangsung tertib dan damai, serta selalu waspada terhadap pihak-pihak yang berpotensi menganggu jalannya kegiatan itu.

To Top
error: Content is protected !!