UNGGULAN

RPH Tidak Efisien

MAKASSAR,BT- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) membuat program gebrakan di bidang peternakan, yakni dengan membuat program mobil Tempat Pemotongan Hewan (TPH).

Program tersebut diadakan karena Pemprov Sulsel dalam hal ini Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel menilai Rumah Potong Hewan (RPH) dianggap belum bekerja secara efisien.Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel Abd Aziz mengatakan, program mobil TPH ini nantinya akan digunakan untuk untuk mempermudah proses pemotongan hewan dan akan membantu kerja RPH yang dinilai belum efisien.“Ini hal baru di Indonesia. Tujuannya untuk membantu peternak yang ingin memotong hewannya sehingga bisa menghemat waktu. Tapi, teknisnya masih kita godok agar bisa efisien,” ujarnya.
Mantan Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Sidrap ini memaparkan, saat ini, pihaknya masih mendesain bentuk mobil yang nantinya akan dijadikan sebagai TPH.“Nanti sistemnya tidak berbeda dengan RPH. Perbedaannya hanya mobil TPH ini nantinya akan mendatangi daerah-daerah yang menjadi sentra penghasil hewan seperti sapi, kerbau, dan ayam,” katanya.Secara teknis, kata dia, pemotongan hewannya nanti langsung di atas mobil. Ia menambahkan, program ini sudah diajukan ke Menteri Pertanian Amran Sulaiman. “Kita sudah ajukan ke Pak Menteri (Pertanian). Kita tinggal tunggu seperti apa responsnya soal program yang digagas Sulsel ini,” sebutnya.(*)

To Top
error: Content is protected !!