PEMKOT MAKASSAR

Sekdis Lingkungan Hidup Kota Makassar, Kembangkan Penggunaan Gas Metan di TPA Antang

Makassar,kabartimur–Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Andi Iskandar saat ini tengah melakukan pengembangan penggunaan gas metan untuk keperluan keluarga.

Gas metan yang timbul akibat penumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa ternyata dapatdimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga. Gas dengan rumus kimia (CH4) ini timbul akibat pembusukan dapat menggantikan gas Elpiji sebagai bahan bakar rumah tangga. Bahkan dalam skala besar gas metan dapat menjadi sumber listrik.

Andi Iskandar ditemui di ruang kerjanya Kamis pagi mengatakan potensi gas metan di TPA Tamangapa sangat besar. “Bisa menghasilkan energi sampai puluhan tahun lamanya, saya sudah buat jaringan gas metan di TPA dalam skala kecil. Sekarang di wilayah TPA sebagai percontohan gas metan sudah bisa menggantikan gas elpiji,”Jelas Andi Iskandar.

Menurut dia, untuk menyuplasi gas metan ke rumah rumah warga, tinggal dibuatkan saja jaringan pipa seperti PDAM, termasuk jaringan di dalam TPA.
Tak hanya itu, menurut Iskandar, gas metan juga dipakai sebagai sumber energi yang dapat menghasilkan listrik.”Gas metan dapat menggerakkan turbin yang menghasilkan listrik, potensi gas metan di TPA Tamangapa sangat besar, sayang kalau tidak diamanfaatkan,”Jelasnya.
Dia berharap pemerintah kota dapat mewujudkan hal tersebut, karena energi gas metan sangat membantu masyarakat sekitarnya untuk mendapatkan sumber energi yang murah.(budi)

 

Populer

To Top