METRO

Sistim Pendidikan di Belanda Mirip di Gowa

Hari ini Ichsan Yasin Limpo Berada di kantor pusat Dutc Education, mantan bupati Gowa dua periode yang juga kandidat doctor dari Unhas beserta rombongan diterima oleh Miriam Appeman yang menjabat sebagai senior Beledsadviser di Dutc Education.

Dalam pemaparannya Miriam menjelaskan terkait sitim pendidikan, polimabtik hukum pendidikan, dan kebijakan pemerintah terhadap sekolah. Mirim juga mengupas soal kurikulum, tingkatan pendidikan termasuk pengelolaan sekolah serta rekruitmen guru.

Ternyata sitim pendidikan di Belanda sangat mirip dengan sistim pendidikan di Gowa yakni Sistim Kelas Tuntas Berkelanjutan yang dirintis oleh Ichsan Yasin Limpo semasa menjabat Bupati selama dua periode. Di Belanda juga tidak mengenal istilah tinggal kelas.
Di Belanda ujian bukan untuk menentukan lulus dan tidak lulus, tetapi untuk mengetahui potensi kelanjutan pendidikan siswa yang akan meneruskan jenjang pendidikan ke universitas atau sekolah kejuruan. Terkait biaya, pendidikan di Belanda 100 persen gratis, semua biaya pendidikan ditanggung oleh pemerintah

.

Populer

To Top