KESEHATAN

3 Cara Atasi Hidung Tersumbat

Sebagian besar individu dengan alergi rentan terhadap udara juga debu tak terlihat. Bersin dan hidung tersumbat menjadi reaksi umun yang akan melanda sebagian besar penderita alergi. Hal ini mengakibatkan penderita alergi kesulitan untuk melakukan aktivitas.

Banyak orang berpikir terjadinya hidung tersumbat akibat banyaknya lendir pada saluran hidung. Namun faktanya, hidung tersumbat disebabkan oleh pembuluh darah meradang sehingga pembuluh iritasi.

Mengatasi hidung tersumbat bukan perkara mudah. Mengutip laman Health Line, ditulis Minggu (22/05/2016) dengan melakukan hal berikut Anda dapat mengatasi hidung tersumbat dalam sekejap.

1. Mandi air hangat

Air hangat dapat membantu pernapasan kembali normal. Uap yang berasal dari air hangat akan secara efektif meredakan hidung tersumbat.

Selain mandi, adapun cara efektif lainnya untuk mengusir hidung tersumbat dengan kilat. Buka keran pada wastafel dengan suhu air yang hangat bahkan panas, lalu tundukkan kepala tepat ke arah wastafel dan bernapas perlahan.

2. Minum banyak air

Saat hidung tersumbat, perlulah untuk mengonsumsi air putih lebih banyak dari ukuran normal sehari-hari. Air putih yang hangat bahkan sedikit panas lebih efektif dan cepat redakan hidung tersumbat.

3. Kompres

Saat hidung tersumbat maka saluran hidung tidak lagi normal seperti biasanya. Dengan mengenakan handuk yang di rendam dalam air hangat atau air panas dapat memberikan kehangatan dan kenyamanan hidung saat Anda mengompresnya.

Populer

To Top